Search Google

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan


Buah manggis merupakan buah yang sangat umum untuk dinikmati di negara iklim tropis seperti Indonesia. Buah yang memang berasal dari Asia ini dewasa kini gencar diberitakan sejuta manfaatnya terutama yang terletak pada kulit buah yang sering kali diabaikan orang.

Kulit buah manggis memang sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia yang baik dikonsumsi berbagai kalangan umur. Manfaat kulit manggis ini memang baru-baru ini diketahui sehingga selaras dengan gencarnya sebagian pengusaha memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan dari buah yang cukup murah ini.

Kulit buah manggis dikenal sebagai ratunya kulit buah dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak. Dibalik rasa pahit, anyir dan berwarna merah ini terdapat beribu khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kita.

Namun untuk kemajuan teknologi saat ini, kulit manggis yang pahit dan anyir dapat diolah menjadi minuman berkhasiat dan menyegarkan dalam bentuk jus maupun pil ekstrak. Manfaat kulit manggis dan cara pengolahannya kini lebih berfokus bagaimana cara agar menjadikan kulit manggis dikonsumsi secara nikmat seperti beribu khasiat yang bisa didapatkannya.
Manfaat Kulit Manggis Garcia

Berawal dari tahun 1993, semenjak itulah kulit buah manggis yang berakhir ditempat sampah sekarang bisa menjadi suatu hal yang lebih berguna bagi manusia. Oleh karena itulah, tak mengherankan jika manfaat kulit manggis Garcia menjadi buruan hangat saat ini. Telah banyak jurnal-jurnal yang membuktikan keampuhan dari khasiat kulit manggis ini.

Zat Xanthone, alfa-mangosteen, beta-mangosteen, tanin, antosianin, dan beberapa zat lain yang terkandung dalam kulit manggis diketahui dapat menjadi obat alami yang ampuh. Beberapa zat ini berperan aktif dalam membentuk sistem kekebalan tubuh, anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-jamur, anti-kanker, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Kulit Manggis di Rebus

Kulit manggis yang diolah seperti apapun baik secara tradisional maupun modern, akan menghasilkan khasiat alami untuk terapi herbal yang minimal efek samping. Seperti manfaat kulit manggis di rebus merupakan cara pertama yang diketahui oleh masyarakat untuk memperoleh manfaatnya.

Meskipun cara tradisional ini sekarang banyak ditinggalkan, tetapi manfaat yang bisa didapatkan adalah sama karena pada intinya kulit manggis terletak pada sarinya. Cara merebus yang tidak bisa menghilangkan rasa pahit kulit manggis kini bisa disiasati dengan konsumsi ekstrak yang banyak dijual di apotek. Konsumsi kulit manggis setiap hari dapat memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi tubuh Anda.

Dalam kulit manggis terkandung 62,05% air, 0,63% lemak, 0,71% protein, serta 35,61% karbohidrat. Nilai gizi yang tidak bisa diabaikan ini terbukti memiliki kontribusi yang besar dalam melawan segala jenis bibit penyakit yang mengancam tubuh.

Penyakit degeneratif dan mematikan seperti penyakit jantung, HIV AIDS, kanker, diabetes, stroke, dan masih banyak yang lain bisa dicegah dan diturunkan resikonya dengan menggunakan kulit manggis. Bahkan zat anti-oksidan dalam manfaat kulit manggis dapat memberikan efek positif bagi kecantikan kulit dan efek perawatan dari dalam tubuh manusia.

Efek Samping Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Efek samping kulit manggis bagi kesehatan dapat dirasakan pada sebagian orang yang pasalnya akan terjadi gangguan pada ginjal dan juga usus. Kulit manggis mengandung resin, tanin, dan juga serat kasar yang jika mengendap dapat membahayakan ginjal dan juga usus Anda.

Meskipun kulit manggis bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas, anti-diabetes, anti peradangan, anti bakteri, bahkan juga anti kanker namun endapan yang dihasilkan akan membahayakan organ ginjal dan juga usus karena susah diserap.

Efek samping lain yang sering dirasakan orang setelah mengkonsumsi kulit manggis adalah perut akan menjadi kembung atau terasa seperti kembung. Efek ini dikarenakan ada kecenderungan bahwa pasien memiliki jenis penyakit lain yang timbul selain dari penyakit utama yang ditemukan.

Misalnya pasien dengan keluhan menderita penyakit maag ternyata merasa kembung setelah mengkonsumsi kulit manggis besar kemungkinan pasien tersebut menderita penyakit pencernaan lain selain maag karena manggis memiliki sifat asam. Dianjurkan jika Anda merasa kembung, Anda dapat mengkonsumsi kunyit dan juga temulawak.

Seperti yang telah disebutkan, efek samping dari kulit manggis akan sering berpengaruh pada ginjal. Efek samping yang akan dirasakan oleh para penderita gangguan ginjal akan muncul jika pengolahan kulit manggis tidak tepat. Jika Anda mengkonsumsi seduhan kulit manggis, Anda harus mengimbanginya dengan memperbanyak minum air putih.

Jika tidak senyawa atau endapan yang tidak dapat diserap oleh ginjal akan mengendap dan pada akhirnya akan menghambat kinerja ginjal Anda. Dengan banyak minum air putih dapat mengurangi pengendapan dalam ginjal Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi adas, jintan atau daun sembung yang bersifat diuretik.

Menurut penelitian yang dilakukan beberapa instansi, konsumsi kulit manggis untuk jangka pendek masih aman untuk digunakan selama masih dalam takaran dibawah 750 gram. Ukuran tersebut masih aman jika dikonsumsi.

Kulit manggis atau ekstrak kulit manggis tidak termasuk racun atau toxic sehingga tidak akan mempengaruhi profil kimia dalam darah, ginjal, dan juga hati jika dikonsumsi masih dalam dosis tidak lebih dari 750 gram. Tentu efek samping kulit manggis pasti ada, namun jika kita mengkonsumsinya masih dalam batasan wajar akan lebih aman. Karena sesuatu yang berlebihan memang tidak akan memberikan dampak yang baik

Cara mengolah kulit buah manggis :

Dibuat Jus, caranya kerok kulit buah manggis, taruh dalam blender kemudian campurkan air satu gelas dan tambahkan gula secukupnya agar rasanya menjadi manis, lebih baik anda gunakan gula merah/gula jawa, anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pait, setelah itu blender sampai halus. Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.

Direbus dan dikeringkan, caranya adalah iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur diterik matahari hingga kering, hal ini bertujuan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama serta tahan terhadap jamur. Sementara itu untuk membuatnya jadi obat, ambilah satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering kemudian rebus dengan segelas air, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis tersebut menjadi layu. Setelah layu ambil rebusan kulit manggis tersebut kemudian pakailah untuk membuat jus dan campur dengan buah lainnya.

Dengan cara ditumbuk, caranya hampir sama dengan diatas, yakni keringkan kulit buah manggis, kemudian setelah kering ambil kulit manggis secukupnya lalu tumbuk hingga menjadi serbuk yang halus. Sementara itu untuk membuatnya menjadi obat, ambilah serbuk dari kulit manggis tersebut kemudian campurkan dengan jus/seduh dengan air yang panas kemudian tambahkan madu biar rasanya tidak pekat/pahit.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri
Membuat jus kulit manggis cukup mudah, kami akan memberi panduan membuat jus kulit manggis khusus untuk Anda. Dengan ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat jus kulit manggis yang kami berikan bisa menjadi obat herbal yang mempunyai rasa lebih nikmat jika dibandingkan dengan rasa asli dari kulit manggis. Mari kita simak panduannya di bawah ini:

- Siapkan kulit manggis kurang lebih dari 5 buah manggis. Jumlah ini menjadi perkiraan minimal, Anda bisa menambah kulit tersebut sesuai selera. Semakin banyak kulit yang digunakan, akan semakin bagus kandungan jus tersebut.

- Langkah selanjutnya cuci bersih kulit manggis. Ambil daging kulit manggis menggunakan sendok. Pilih daging yang berwarna keunguan saja, sebab ada beberapa kulit manggis yang terdapat bercak hitam. Bisanya kulit tersebut rasanya pahit.

- Setelah semua diambil dagingnya, langkah selanjutnya adalah di blender. Campurkan dengan 150 ml air.

- Setelah proses blender selesai, ini ditandai dari daging kulit manggis sudah hancur dan lembut. Cara membuat jus kulit manggis selanjutnya adalah merebus jus tersebut sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan jus siap di minum.

- Untuk menambah selera dan rasa jus menjadi lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan dengan madu atau susu kental baik putih maupun cokelat. Maka rasa pahit dan getir pada kulit manggis akan berkurang, sehingga menjadikan jus herbal ini semakin nikmat untuk di minum.

Demikian beberapa panduan membuat jus herbal kulit manggis. Anda bisa mengkonsumsi jus ini setiap hari. Hasil olahan jus tersebut bisa dibagi menjadi 2 gelas dan diminum ketika pagi dan malam hari.

Manfaat dari jus manggis ini sangat banyak. Selain menjaga stamina dan kebugaran tubuh, jus kulit manggis mempunyai manfaat yang banyak, mulai dari anti kanker, darah tinggi, stroke, tumor, diabetes dan penyakit lainnya. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan senyawa Xanthone yang terdapat pada kulit manggis.

No comments:

Post a Comment