Search Google

Cara Menghitung Berat Badan Ideal



Seringkali kita mendengar pertanyaan, " Bagaimana sih cara menghitung berat badan ideal aku ? Kalau tinggi badanku 155 centimeter, dengan berat badanku yang 52 kilogram ini apa betul sudah ideal ? ".

"Berapa sih berat badan yang ideal ?", tentu tidak semua orang sama, karena tubuh tiap orang berbeda. Berat ideal seorang wanita yang tingginya 160 cm, tentu berbeda dengan yang tingginya 150 cm. Cara menghitung berat badan Ideal ada bermacam cara.

Cara menghitung berat badan ideal itu ada berbagai macam, salah satunya adalah dengan memakai rumus index BMI (Body Mass Index) yang mana dalam bahasa indonesia adalah Indeks Massa Tubuh (IMT).

BMI = Berat Badan (kg) / ( Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m) )

Kategori BMI : 
  • Hasil BMI (IMT) <17.0 => KURUS SEKALI
  • Hasil BMI (IMT) 17.0 – 18.5 => KURUS
  • Hasil BMI (IMT) 18.5 – 25.0 => NORMAL (IDEAL)
  • Hasil BMI (IMT)  25.0 – 27.0 => GEMUK
  • Hasil BMI (IMT)  >27.0 => GEMUK SEKALI

Contoh: A memiliki tinggi 155 cm dengan berat badan 52 kg. Maka BMI A = 21,6 . Apakah A sudah berada dalam ukuran berat badan ideal wanita? Lihat dalam tabel klasifikasi nilai BMI diatas.

Berikut ini  cara menghitung berat badan ideal yang lebih praktis yaitu  dengan menggunakan tabel berat ideal menurut tinggi badan.
Tabel Body Mass Index ( BMI )
Pertama, dengan tabel BMI di atas kita bisa menghitung apakah kita termasuk golongan dengan berat badan IDEAL,GEMUK, atau malah KURUS.  Cara menghitung berat badan ideal dengan memakai tabel BMI adalah demikian , misalkan tinggi badan si A 166 centimeter dan berat badan nya 85 kilogram, maka kita cari angka 165 terlebih dahulu pada deretan sebelah kiri (height in centimeters), kemudian sejajar dengan angka 170 tersebut, kita cari angka 85 pada deretan atas,(weight in kilograms)ternyata dari pertemuan kedua angka tersebut, BMI-nya  31,2, dan termasuk zona biru, yang berarti berat badan obesitas / gemuk

Kedua, dengan tabel BMI di atas kita bisa menghitung berat badan ideal untuk kita, misalnya tinggi si A 166 centimeter, maka berapa berat badan yang ideal buat si A? maka kita cari angka 166 kemudian kita cari zona warna hijau (zona berat ideal) , lalu kita lihat di sebelah atas berapa, ternyata 53 dan 68, berarti berat ideal kita sekitar 53 kilogram sampai dengan 60 kilogram

Cara menghitung berat badan ideal untuk menentukan apakah seseorang mengalami obesitas (kegemukan) atau tidak, bisa dilakukan dengan mengukur panjang lingkar pinggang orang tersebut.
Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang.
Dalam batas normal, ukuran lingkar adalah sebagai berikut:
Wanita : < 80 centimeter
Pria     : < 90 centimeter

Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMI , Tabel BMI, dan  mengukur lingkar pinggang badan, maka kita bisa mengevaluasi diri kita masing-masing supaya tidak terlanjur kegemukan.

Anda baru saja membaca artikel kesehatan dengan judul Cara Menghitung Berat Badan Ideal. Semoga informasi yang disampaikan di sini bisa memberi manfaat seluas - luasnya.

Terima kasih!

No comments:

Post a Comment