Search Google

Menghemat Pengeluaran Melalui Pola Hidup Sehat

Sehat itu mahal harganya, jadi jika kita sakit apapun akan kita lakukan demi mendapatkan kesehatan, termasuk menjual harta benda yang kita punya demi mencapai tubuh yang sehat.
 

Oleh karena itu jika kita ingin berhemat maka jalani saja "pola hidup sehat"
 

Sebelum kita menjalani pola hidup sehat kita harus memahami terlebih dahulu apa itu arti pola hidup sehat.

Pola hidup sehat adalah : Hidup dengan gaya yang lebih fokus kepada hal-hal yang merujuk atau mencakup pada kesehatan tubuh. Dimana hal tersebut mengatur gaya hidup dari segi makanan,prilaku,bahkan kebiasaan yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.
Semua hal tersebut diatur dengan pola atau kebiasaan baru yang semua dipertimbangkan untuk mendapatkan kesehatan.

Adapun contoh-contoh menjalani pola hidup sehat dengan mudah :

1. Memperbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih 8/10 gelas perhari (2 liter) sangat baik untuk tubuh kita ini dikarenakan air putih dapat mengembalikan konsentrasi dan menambah kebugaran tubuh. Air putih juga tidak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Air putih juga baik untuk kita yang sibuk beraktifitas atau berolahrga, apa lagi berolahraga ditempat yang terbuka atau terpapar sinar matahari secara langsung. Adapaun dampak yang kita alami apabila tubuh kita mengalami kekurangan cairan dalam tubuh : maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi,bibir pecah-pecah,berubahnya warna urine seperti kening-kuningan dan mengakibatkan proses pembuangan zat-zat yang berbahaya dalam tubuh kita menajadi tidak lancar.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Selain minum air putih, makanan yang sehat dan bergizi penting dalam tubuh. Makanan sehat tidak perlu mahal, cukup dengan mengkonsumsi makanan rumah yang sederhana asalkan diolah dengan higienis dan sesuai dengan kecukupan gizinya. Makanan yang sehat dan bergizi harus mengandung karbohidrat,protein,lemak,vitamin dan mineral seperti : (Nasi,kentang,beras merah, buah jeruk dll)

3. Olahraga teratur

berolahraga setiap hari dapat membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita, termasuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, menurunkan resiko penyakit dan penurunan berat badan. Adapaun contoh-contoh olahraga sederhana dan manfaatnya  yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, seperti :

a). Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki fungsi untuk menguatkan otot tangan tanpa menggunakan alat olahraga, selain dapat menyehatakan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh olahraga ini juga dapat membentuk tubh yang lebih ideal.

b). Sit Up sebuah  gerakan yang dilakukan dengan bertumpu pada pinggul dan pantat dengan keadaan lutut yang diarahkan keatas oleh karena iu dapat membentuk otot perut menjadi six pack.

c). jalan cepat adalah salah satu olahraga yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, selain baik untuk membakar kalori berjalan cepat juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga memperkecil resiko berbagai jenis penyakit.

4. Tidak Merokok

Sebagian besar orang mengetahui bahwa rokok sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Baik perokok aktif maupun perokok pasif, keduanya memiliki resiko tinggi untuk terkena beberapa penyakit kronis.

Rokok mengandung bahan yang berbahaya yang dapat memicu penyebab kanker paru-paru yang mengakibatkan kematian. Jadi bagi orang yang merokok segeralah berhenti merokok agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

5. Tidur Dan Beristirahat Yang Cukup

Imbangi aktifitas anda dengan istirahat yang cukup. orang dewasa idealnya membutuhkan waktu untuk istirahat atau tidur sekitar 7 hingga 8 jam perhari. Tubuh akan melemah apabila terlalu banyak beraktifitas, jadi kita harus menyeimbangkan kegiatan dengan istirahat dan sudah menjadi jalan terbaik untuk tubuh kita. 

Itulah beberapa contoh menjalani pola hidup sehat dengan mudah.

Dan taukah anda orang-orang yang hidup dijaman dahulu ternyata mempunyai tubuh yang lebih sehat, hal ini bisa dilihat dari umur mereka yang lebih panjang dibandingkan masa sekarang walaupun mereka belum mengerti apa itu pola hidup sehat atau mempunyai hidup yang berkualitas tetapi, menapa mereka tetap sehat-sehat saja?

Ini dikarenakan mereka selalu mengkonsmsi makanan yang masih segar, tanpa pengawet, tanpa zat-zat kimia yang berbahaya yang terkandungan didalam makanan tersebut dan mereka juga tidak pernah mengkonsumsi makanan siapa saji.

Berbeda dengan kita yang hidup dimasa ini, kita yang sibuk dengan pekerjaan, lupa dengan waktu jam makan, terkadang kita juga cenderung mengkonsumsi makanan siap saji, dan tidur larut malam.

Jadi sesungguhnya hal utama dari kesehatan adalah gaya hidup yang mendukung kesehatan kita saat ini, karena dengan gaya hidup yang sehat maka akan menciptakan pola hidup sehat secara otomatis. jika pola hidup anda terbiasa meminum minuman berakhol, merokok setiap saat, terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia, narkoba, keluar malam setiap hari. Hal semacam inilah contoh hidup tidak sehat dan tentu akan berpengaruh pada kesehatan baik secara cepat atau lambat.


Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan anda, meningkatkan kesehatan tubuh dapat membawa pengaruh positif bagi orang-orang disekitar kita.

sumber : kompasiana

No comments:

Post a Comment