Search Google

Memulai Pola Hidup Sehat

Sebenarnya apa sih itu hidup sehat ? Banyak sekali opini tentang hidup sehat, tetapi sederhananya Kesehatan adalah modal utama untuk kita melangkah dan beraktifitas. Tanpa kesehatan kita akan kesulitan untuk beraktifitas. Itu juga merupakan nikmat tuhan yang diberikan kepada kita dan juga harganya sangat mahal. Cara menerapkan pola hidup sehat sangat sederhana sekali, semua orang pun bisa melakukannya dengan mudah. Akan tetapi membiasakannya itu yang sulit sekali untuk di terapkan. Disini saya ingin memberikan beberapa tips sederhana yang tanpa orang sadari merupakan kunci awal untuk hidup sehat.

Mengkonsumsi makanan merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap harinya untuk bertahan hidup. Tetapi, apakah kamu sudah tau, apa yang kamu masukan melalui mulutmu itu sesuatu yang baik bagi tubuh mu ? Ada pepatah mengatakan, "You Are What You Eat", yang mana apa yang kita makan, mencerminkan diri kita. Kita tidak boleh hanya sekedar merasa kenyang, tetapi juga harus melihat kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan kita. Usahakan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran untuk melengkapi gizi. Jauhi makanan siap saji, makanan kalengan dan yang mengandung pengawet.

Walaupun air putih tidak senikmat air soda, susu dan minuman berasa lainnya, tapi percayalah air yang tidak memiliki rasa ini memiliki sejuta manfaat yang tidak terduga. Tetaplah untuk terhidrasi, konsumsi air yang banyak, karena kadar konsumsi air setiap orang itu berbeda.

Hal kedua ini juga sering di anggap remeh oleh orang-orang. Orang sering melakukan aktifitas melebihi batas kemampua hingga kelelahan. Tidur tidak hanya mampu menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Dengan istirahat yang cukup, seseorang akan merasa lebih segar dan juga pikiran kita lebih mampu mencerna sesuatu dengan tepat. Banyak bahaya yang mengintai kita ketika jam istirahat kita kurang, salah satunya yaitu kematian. salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak kita memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari.

Olahraga yang dipikirkan orang-orang sangat berbeda dengan apa yang sebenarnya dimaksudkan untuk hidup sehat. Anda tidak perlu bermain speak bola, memanjat gunung atau yang merepotkan seperti lainnya. Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan mulai dari pemanasan tubuh saat bangun pagi, berlari-lari kecil disekitar rumah, hingga berjalan kaki juga bisa dihitung sebagai olahraga. Bahkan tidak perlu biaya untuk melakukannya.

"90% penyakit tubuh ditimbulkan oleh jiwa dan pikiran". Tentu saja kalimat tersebut bukan hisapan jempol semata, yang bisa kita remehkan. Orang dengan mudah terserang penyakit ketika pikiran kotor dan menimbulkan dampak stress bagi orang tersebut. Kita harus menerapkan hal positif pada jiwa dan pikiran kita, mulai dari menanamkan sugesti positif,dan jangan terlalu banyak khawatir. Banyak sekali latihan atau hal yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran seperti bermeditasi.

Hidup sehat merupakan pilihan dan bukanlah takdir seseorang. Itu semua ada ditangan kita, apakah kita mau melakukannya atau tidak. Mulailah tingkatkan kesadaran kita tentang hidup sehat. Tidak ada kata sulit untuk hidup sehat karena banyak hal sederhana yang kita lupakan, yang sebenarnya merupakan kunci hidup sehat. Mulai lah dari hal sederhana, hidup sehat itu mudah kok.


sumber : kompasiana





No comments:

Post a Comment