Search Google

Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan : Bisa Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata kaktus bisa dikonsumsi juga lho. Kaktus sangat populer dikonsumsi di beberapa negara di Amerika Latin seperti Meksiko. Kebiasaan mengonsumsi kaktus ini tenyata memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir TribunTravel dari beberapa sumber, berikut manfaat mengonsumsi kaktus bagi kesehatan.

1. Antioksidan dan meredakan peradangan dalam tubuh
Kaktus mengandung flavonoid dan fenolik yang bersifat antioksidan. Selain itu, kaktus juga mengandung vitamin C, E, A, zat besi, kalsium hingga karotenoid yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.


2. Menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung
Kaktus Nopas atau kaktus pir adalah jenis kaktus yang mengandung serat dan pektin yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Selain itu kaktus dipercaya bisa menurunkan risiko sakit jantung.

3. Menurunkan gula darah
Serat dan pektin yang terkandung dalam kaktus pir bisa mengurangi penyerapan gula dalam perut dan usus sehingga mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Melindungi otak
Kaktus juga mengandung quercetin, dihydroquercetin, dan quercetin tri-metil eter yang berfungsi sebagai antioksidan aktif dan mengurangi kerusakan radikal bebas pada sel-sel otak kita.

5. Menangkal sel kanker
Selain dapat digunakan sebagai antioksidan, daun kaktus dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Menurunkan berat badan
Ekstrak kaktus yang dijadikan suplemen dapat membantu penurunan berat badan karena bertindak sebagai diuretik.

Dalam sebuah penelitan yang dilakukan terhadap tikus pada 2010, konsumsi suplemen kaktus menurunkan berat badan sebanyak 20 persen.

Hasil baiknya, ekstrak kaktus tidak menguras mineral tubuh dan justru memberikan efek antioksidan



Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul 6 Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan, Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker.Penulis: Ratna WidyawatiEditor: Sinta Agustina

1 comment:

  1. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    ReplyDelete