Search Google

Ternyata Makan Sayur Brokoli bisa untuk Menangkal dan Menyembuhkan Penyakit Kanker



Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa brokoli memiliki kemampuan untuk menangkal munculnya sel kanker. Brokoli termasuk salah satu jenis sayuran sehat yang juga lezat dikonsumsi. Pada brokoli terdapat sumber vitamin K dan C dan juga kaya dengan kandungan asam folat, kalium, dan serat. Dalam Brokoli terkandung sejumlah besar sulforaphane, senyawa yang pada banyak penelitian terbukti dapat melawan kanker payudara, hati, paru - paru, prostat, kulit, perut, dan kandung kemih.
Salah satu studi terbaru yang berasal dari Texas A&M Health Science Center menemukan sejenis enzim dalam sayuran yang dapat mencegah kambuhnya kanker dengan membunuh sel-sel induk kanker. Senyawa dalam brokoli  yang disebut dengan sulforaphane tidak hanya mencegah kanker tetapi juga mampu mengobati kanker tersebut. Pada penelitian tersebut, para peneliti menggunakan ekstrak brokoli (Brocoli Sprout Extract-BSE) yaitu suplemen yang mengandung sulforaphane untuk menguji kemampuannya mencegah atau bahkan mengobati kanker usus besar , hasil nya positif. Orang-orang yang mengonsumsi berbagai brokoli setiap hari memiliki kadar tinggi p-16 yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsinya . Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena sulforaphane memicu tubuh untuk mengubah gen agar lebih cepat mencegah pertumbuhan tumor.
Hal ini mengisyaratkan kemungkinan bahwa mekanisme epigenetik pada awalnya dipicu oleh sulforaphane dan metabolitnya. Dengan begitu mekanisme hilir dapat dipertahankan setidaknya dalam jangka pendek, bahkan setelah senyawa dieliminasi dari tubuh.
Sifat anti - inflamasi dari sulforaphane dan juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Semakin banyak makan brokoli, semakin bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun banyak suplemen BSE yang dijual bebas, para peneliti belum yakin sepenuhnya tentang keamanan dan keefektifan suplemen ini.
Para peneliti juga mengatakan bahwa mungkin ada beberapa risiko penggunaan BSE jangka panjang. Sulfoprane memperkenalkan protein yang disebut Nrf2 yang dapat melawan kanker. Tetapi protein ini juga dapat berkontribusi pada penumpukan plak di arteri. Peneliti menyarankan untuk melakukan konsultasi sebelum mengonsumsi suplemen tersebut. Untuk mendapatkan manfaat suplemen tersebut, mengonsumsi sayuran secara teratur adalah cara yang aman untuk dilakukan.

 Brokoli Cah Jamur

 Brokoli Tim Ayam

Brokoli Saus Keju

No comments:

Post a Comment